SAMBUTAN KETUA DALAM RANGKA WISUDA SARJANA SEMESTER GENAP 2006 / 2007 STIE MALANGKUÇEÇWARA

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Bapak / ibu :
Para Pemimpin PTN & PTS di Wilayah Kota Malang
Para Pejabat Sipil, TNI dan Polri
Para Orang tua / Wali Wisudawan / Wisudawati STIE Malangkuçeçwara
Para Dosen, Karyawan. Mahasiswa dan para Undangan lainnya.

Pertama, marilah pada kesempatan yang membahagiakan hati ini, kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Allah Swt, yang telah memberikan karunia begitu besar kepada kita semua. Sehingga pada hari ini kita dapat bertemu dalam suasana yang sangat menyejukkan hati, tentram & bahagia. Marilah kita selalu bersandar padaNYa, dengan harapan semoga acara yang sangat spesial di hari ini, dapat kita lalui dengan lancar, serta mendapatkan bimbingan dan ridha dariNya..amien.

Bapak & ibu yang saya hormati, serta para wisudawan yang berbahagia, ada kesempatan yang baik ini, sangat perlu untuk saya sampaikan, bahwa Wisuda Sarjana pada Semester Genap Tahun Akademik 2006 / 2007 ini, diikuti oleh : 481 orang wisudawan yang terdiri dari :
program STRATA I, sebanyak : 475 orang, dan program STRATA II sebanyak : 6 orang. Sehingga sampai dengan semester ini, STIE Malangkuçeçwara telah berhasil meluluskan sebanyak ± 21.770 orang sarjana S1, dan 76 orang Sarjana S2. Satu hal yang cukup membanggakan, 10% dari wisudawan S1 kali ini telah diterima kerja sebelum mereka lulus ujian skripsinya.

Bapak/Ibu, hadirin yang saya hormati,
Dengan tidak pernah merasa bosan selalu saya ingatkan pada para mahasiswa, baik pada saat-saat perkuliahan di kelas ataupun pada saat-saat seperti ini. Janganlah lupa bahwa kita mempunyai visi yang sangat mulia untuk ikut andil dalam memajukan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Hanya dengan selalu ingat pada visi, dan selalu berusaha meraihnya itulah yang akan menyebabkan kita kembali mempunyai semangat untuk meraih sukses yang kita harapkan bersama.
Visi yang sudah melekat dalam jiwa kita itu ialah :

“Terwujudnya perguruan tinggi bertaraf internasional di bidang ekonomi dan bisnis yang selalu menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK, khususnya bidang teknologi informasi”

Untuk mewujudkan visi tersebut, sangat banyak yang harus kita lakukan. Terutama yang berkaitan dengan kehidupan intellectual kampus kita ini. Selain dalam hal Proses Belajar Mengajar yang setiap saat harus kita tingkatkan terus, InsyaAllah telah kita lakukan berbagai upaya, demi tercapainya visi tersebut.

Alhamdulillah, telah cukup banyak prestasi demi prestasi yang telah kita raih dalam dua tahun terakhir ini.

Antara lain :
Secara kelembagaan,

  1. telah ter-realisasikannya program Dual Degree dengan Charles Stuart University, Dual Degree dengan Help University College Malaysia.
  2. Telah memenangkan Kompetisi SEMIQUE dari Ditjen Dikti untuk Jurusan Akuntansi pada tahun 2004
  3. Pemenang Bantuan Peralatan SIM-TIK dari Ditjen Dikti pada tahun 2006
  4. Memenangkan Kompetisi Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi bagi jurusan Manajemen dari Ditjen Dikti tahun 2007
  5. Sebagai salah satu pemenang Kompetisi Peningkatan Kapasitas Institusi dari Ditjen Dikti tahun 2007
  6. Pemenang Kompetisi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dan Teknologi Informasi dari Ditjen Dikti tahun 2007
  7. Sebagai salah satu pemenang Kompetisi Pengembangan Soft Skills Perguruan Tinggi, dari Ditjen Dikti tahun 2007
  8. STIE Malangkuçeçwara ditetapkan sebagai salah satu Nominator Penerima Program Technical Assistance Word Class dari Ditjen Dikti.

Selain secara kelembagaan, secara personal mahasiswa STIE Malangkuçeçwara juga meraih beberapa prestasi, antara lain :

  1. Oleh Dadang Kurniawan (A.2004.2.00088), sebagai mahasiswa Pascasarjana, dia telah terpilih sebagai pemakalah pada konverensi International Asian Academic Accounting Association (AAAA) 2007 ke 8 di UGM Yogyakarta
  2. Selain itu, beberapa mahasiswa STIE Malangkuçeçwara juga telah memenangkan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian 2007. yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Atas nama : Achmad Surya Manggara, Dini Yuniarti, dan Serla Wahyu Wulan Sari.

Sedangkan prestasi yang telah diraih dosen STIE Malangkuçeçwara, antara lain oleh :

  1. DR. Aida Ainul Mardiyah, M.Si yang telah memperoleh dana Penelitian Hibah Bersaing
  2. Dra. Nunung Nurastuti Utami, M.Si yang juga memperoleh dana Penelitian Fundamental
  3. Dan yang baru-baru ini, atas nama Dra. Nevi Danila. MBA, Phd telah menerima The Endeavour Executive Award dari pemerintah Australia ( Departement of Education, Science, and Training). Perlu diketahui bahwa Award ini merupakan kesempatan yang diberikan kepada para profesional di seluruh dunia. Dan untuk seluruh Indonesia yang terpilih dan lolos dari seleksi tersebut hanya ada dua orang saja. Salah satunya adalah dosen STIE Malangkuçeçwara.

Sungguh beberapa hal tersebut membuktikan, bahwa kampus kita STIE Malangkuçeçwara ini, tetap dipercaya oleh masyarakat, bahkan kepercayaan pemerintahpun semakin meningkat, dengan adanya bantuan program-program Hibah tersebut. Inilah berkat kerja keras kita semua, tanpa mengenal lelah dan jemu dalam melakukan karya nyata.

Hadirin, para undangan, dan wisudawan yang saya hormati.
Dengan memperolehnya kepercayaan dari pemerintah Indonesia maupun luar negeri, dan juga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini, maka kita harus menjadi lebih bersemangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga ini. Terutama dalam ber-inovasi pada proses pembelajaran mahasiswa maupun peningkatan kualitas dosennya.

Bapak, ibu, hadirin, khususnya para wisudawan yang saya hormati.
Kita semua sedang melakukan sebuah perjalanan besar, baik secara physical, secara intellectual, secara emotional, maupun secara spiritual.
Sebagai masyarakat akademis, yang nantinya para alumni ini pasti terjun di masyarakat luas, maka perlu kiranya pada kesempatan yang baik ini, saya memberikan sedikit catatan untuk dipakai bekal dalam kehidupan nyata, dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sebagai insan intellectual, kita tentu saling menyadari bahwa ilmu yang kita dapatkan dibangku kuliah, tidaklah mungkin dapat secara langsung kita nikmati, tetapi harus-lah melalui sebuah proses kehidupan sehari-hari,.
Dalam proses tersebut perlu dan dibutuhkan sekali suatu kemauan yang kuat (cerdas emosi) dan juga kemampuan intellectual yang memadai. Yang keduanya harus-lah didasari oleh kecerdasan spiritual kita, yaitu iman dan taqwa kepada Allah Swt.

Saudara sekalian para wisudawan, salah satu hal yang cukup membuat kita bersyukur, adalah kini kita telah memiliki sebuah motto yang harus kita jaga, dan kita sosialisasikan terus menerus baik kepada warga kampus, kepada masyarakat di luar kampus maupun kepada diri kita sendiri. Yaitu GROWTH INTELLECTUAL GLOBAL. Artinya marilah dengan tekad untuk meraih impian dalam visi kita, kita harus terus tumbuh berkembang secara global dengan modal intektual kita yang sudah kita bangun sejak lembaga ini ada sekitar 36 tahun yang lalu.

Di samping motto tersebut, Ada satu nilai yang mulai saat ini, kita junjung dan kita sosialisasikan dengan gencar. Nilai tersebut merupakan rangkaian kata sebanyak delapan huruf yang yang akan membuat warga kampus khususnya para alumninya, memiliki bekal hidup yang jelas. Sehingga akan menjadi lebih indah dan lebih bermakna dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara nantinya.
Delapan huruf itulah yang membuat STIE menjadi salah satu pemenang dalam Hibah Pengembangan soft skills. Huruf-huruf itu membentuk sebuah kata yang sangat indah yaitu : A – T – T – I – T – U – D – E, yang berarti sikap hidup.

Sedangkan setiap huruf dari kata ATTITUDE tersebut mempunyai makna yang lebih dalam lagi kaitannya dengan perjalanan kampus ini.

  1. Huruf A adalah yang mempunyai makna : APRECIATIVE (bahwa sebagai insan kampus, kita harus mampu menghargai orang lain)
  2. Huruf T adalah yang mempunyai makna : THOUGHT (artinya bahwa sebagai insan kampus, kita harus lebih mengutamakan cara berfikir yang logis dan kreatif)
  3. Huruf T yang kedua adalah yang mempunyai makna : TEAMWORK (bahwa sebagai insan kampus, kerja sama dalam sebuah tim haruslah sebagai bagian hidup yang tak akan pernah terpisahkan dalam bermasyrakat)
  4. Huruf I adalah yang mempunyai makna : INTEGRITY (bahwa Integritas haruslah selalu kita junjung tinggi agar kehidupan kita menjadi semakin lebih bermakna)
  5. Huruf T yang ke tiga adalah yang mempunyai makna : TIME MANAGEMENT (bahwa mampu memanaj waktu dengan baik, tentu merupakan karakteristik tersendiri bagi warga kampus)
  6. Huruf U adalah yang mempunyai makna : USEFULNESS (bahwa sebagai warga kampus kita harus bisa bermanfaat bagi orang lain, baik di dalam kehidupan keluarga sebagai unit sosial terkecil, maupun dalam kehidupan masyarakat dengan skala yang lebih besar lagi)
  7. Huruf D adalah yang mempunyai makna DEDICATIVE (bahwa sebagai insan kampus tentu tidaklah boleh diragukan orientasi kita untuk selalu mempunyai loyalitas tinggi. Artinya amanah haruslah kita junjung tinggi)
  8. Huruf E adalah yang mempunyai makna ENDLESS LEARNING (dan inilah kunci dari keberhasilan seseorang, bahwa kita janganlah pernah berhenti untuk belajar. Kapanpun, dimanapun, kita harus selalu mau belajar. Barang siapa yang berhenti dari belajar, sementara dunia terus berputar dengan peradabannya yang semakin maju, maka ia tentu akan tergilas oleh roda raksasa perdaban yang akan menerjang siapapun yang tak mau berubah)

Bapak/ibu, hadirin, serta para wisudawan yang saya hormati,

Saya yakin bahwa, keberadaan kampus seluas 5,5 Ha ini, tentu menjadi kenangan tersendiri bagi para wisudawan dan keluarganya, sebab sebentar lagi bapak/ibu dan saudara sekalian akan meninggalkan kampus ini.
Pesan saya, ingatlah bahwa perjalanan saudara selanjutnya semua berawal dari kampus ini. Karena itu ukirlah prestasi saudara dengan kuat, dan ingatlah selalu, bahwa sebenarnya hidup ini adalah belajar. Sekali lagi barang siapa yang berhenti dari belajar, ia akan terlindas oleh roda kehidupan yang semakin lama semakin bergerak cepat menuju masa depannya.

Karena itu, rajinlah membaca…dan rajinlah mengamati….apa saja, semuanya! InsyaAllah kita akan mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam hidup ini.

Hadirin, para wisudawan yang saya hormati,
Sungguh indah apabila setiap warga kampus, khususnya para wisudawan yang kini sedang diwisuda ini akan mengamalkan setiap huruf yang terkandung di dalam akronim ATTITUDE tersebut.
Satu hal yang harus kita renungkan kedalaman isinya adalah sebuah kalimat indah :

“ Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sebelum mereka mau mengubah apa yang ada pada dirinya “

Saudara, meskipun saudara sebentar lagi sudah keluar dari kampus ini, yang nantinya sudah masing-masing dalam kehidupan yang saudara inginkan, tapi satu hal yang harus saudara ingat, bahwa kita semua adalah alumnus STIE MALANGKUÇEÇWARA Malang. Karenanya manfaatkan wadah Alumni kita secara optimal, sehingga kita semua tetap sebagai satu saudara yang selalu tetap berhubungan dan saling memberi informasi.

Kita semua wajib untuk selalu menjunjung tinggi martabat dan kehormatan Almamater yang tercinta ini. Promosikanlah kampus saudara ini dengan cara : berperilaku baik, dan dengan kerja yang baik pula. Apabila dalam bekerja saudara sukses dengan cara-cara yang ; jujur, disiplin, penuh tanggung jawab, artinya saudara telah mengharumkan nama baik almamater ini. Dan secara universal sebenarnya saudara telah ikut andil dalam upaya membangun bangsa dan negara kita ini.

Saudara, tidak berlebihan kiranya kalau kita semua harus mempunyai cita-cita luhur untuk mengembalikan dan meningkatkan perekonomian bangsa & republik yang kita cintai ini. …inilah sebuah TANTANGAN YANG HARUS KITA JAWAB !

“Sebuah layang-layang, ia akan terus bergerak naik, jika ada angin yang datang menerpanya.”
Artinya : dengan datangnya berbagai tantangan dalam hidup ini, derajat kita akan bertambah naik, dan kesuksesan akan segera terwujud, jika kita dapat menyikapinya dengan baik dengan cara yang baik pula.

Bapak, ibu, hadirin yang saya hormati,

Pada bagian akhir dari sambutan saya ini, saya atas nama pimpinan beserta keluarga besar STIE Malangkuçeçwara Malang, mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh hadirin, khususnya kepada para orang tua / wali wisudawan atas kepercayaannya. Sehingga bpk/ibu memasukkan putra-putrinya di STIE Malangkuçeçwara ini.

Kami bersama para dosen dan karyawan telah berupaya semaksimal mungkin dalam membina, mengasuh, melayani, mendidik maupun mentransfer ilmu…apabila ada sesuatu yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya.

Semoga dengan ridha Allah, ilmu yang didapatkan para wisudawan di kampus ini, akan menjadi ilmu yang bermanfaat, dan akan menjadi sebuah kunci emas untuk membuka setiap persoalan dalam kehidupan ini.
Akhirnya, marilah senantiasa kita berdoa, agar ilmu yang kita dapatkan ini akan menjadi : ilmu yang bermanfaat, yang dengan ilmu tsb, insya Allah hidup ini akan menjadi lebih MUDAH, lebih INDAH, dan lebih BERMAKNA….
Amien ya rabbal ‘alamiin.
Wassalaamu’alaikum .Wr. Wb.

Malang, 27 Oktober 2007

STIE Malangkuçeçwara Malang
K e t u a ,
Dra. Nevi Danila, MBA, Phd.